Senin, 07 Desember 2015

5 Budaya Indonesia yang mendunia

Halo sobat semua dimanapun kalian berada :D 
Kali ini yang akan dibahas adalah 5 Budaya Indonesia yang mendunia. kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga sob karena budaya Indonesia juga tidak kalah dari budaya asing kita wajib mengacungi jempol terhadap budaya-budaya yang ada di Indonesia. Ok langsung saja ini dia 5 Budaya Indonesia yang mendunia: 

1. ANGKLUNG

Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan tersebut bersala dari Jawa barat . Angklung biasanya dimainkan dalam berbagai upacara adat dan kegiatan nasional. Angklung juga sudah terdaftar di UNESCO sebagai karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia, sjak bulan November 2010


2. REOG


Reog adalah pertunjukan tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. REOG merupakan kesenian yang kental dengan bau mistis & gaib. Biasanya menampilkan Sosok ' warok' dan gemblak '. Kisah asal-usul Reog yang paling populer adalah ketika salah abdi kerajaan Majapahit pada abad ke-15 bernama Ki Ageng Kutu mengumpulkan dukungan masyarakat untuk melaakukan pemberontakan dengan cara menggunakan Reog.

3. BATIK

Indonesia terkenal dengan batiknya. Bahkan batik ditetapkan sebagai warisan kemanuisiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. sejak itu stiap tanggal 2 Oktober . Indonesia selalu memperingati hari Batik Nasional. Awalnya batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh mantan presiden RI Soeharto. yang saat itu memakai batik pada konferensi PBB.


4. TARI PENDET


Tari Pendet berasal dari pulau Bali ini biasanya digunakan sebagai tarian ' ucapan selamat datang' .  Tari bernuansa Sakral ini dikreasikan oleh seorang seniman  Bali yang bernama I Wayan Rindi .  Jika zaman dahulu Tari Pendet dilakukan dalam acara pemujaan dipura, maka sekarang tari pendet sudah bisa ditarikan sebagai sebuah persembahan bagi para tamu-tamu dalam acara-acara budaya Indonesia.


5. WAYANG KULIT


Biasanya pertunjukan wayang diselingi dengan humor agar leih menarik. wayang sudah dikenal sejak beratus-ratus tahun yang lalu . wayang sendiri merupakan seni pertunjukan asli dari Indonesia yang berkembang dipulau jawa dan bali. pada tanggal 7 November 2003 , UNESCO juga sudah mengakui watyang sebagai salah satu seni bertutur budaya Indonesia dalam daftar " Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity" .


itulah 5 budaya Indonesia yang mendunia . bagai sikap kalian setelah membaca artikel ini pastinya sobat akan lebih encitai Indonesia bukan . nah karena itulah kita sebagai generasi muda wajib mepertahankan budaya-budaya di Indonesia agar tetap lestari sampai ke anak cucu kita. Jikia artike ini sangat berguna dan bermanfaat Tahacak mohon dengan sangat beri Like dan Share keteman-teman sobat tentang artikel ini semoga bisa membantu sobat-sobat sekalian .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar